Teknik Komputer Dan Jaringan

Teknik Komputer Dan Jaringan

Teknologi mengalami perkembangan yang sangat pesat sekarang ini. Semua industri yang menggunakan basis teknologi banyak membutuhkan tenaga kerja yang terampil dan ahli dalam bidangnya. Dari hal tersebut di atas, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menjadi sebuah pilihan utama untuk mencetak tenaga ahli yang terampil dan siap kerja dalam menghadapi perkembangan teknologi sesuai dengan kebutuhan dunia industri. Salah satu jurusan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang mengakomodir lulusan kerja yang siap dalam menghadapi perkembangan teknologi adalah jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ).

TKJ merupakan ilmu berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkait kemampuan algoritma, dan pemrograman komputer, perakitan komputer, perakitan jaringan komputer, dan pengoperasian perangkat lunak, dan internet. Dalam proses pendidikan selama di SMK jurusan TKJ, siswa akan diajari dari tingkat dasar tentang perakitan, perbaikan komputer, perbaikan peripheral, web desain, jaringan, sampai dengan keamanan jaringan. Dengan semua keahlian yang diajarkan secara lengkap sejak tingkat pertama sampai dengan akhir, diharapkan siswa mampu berkompetisi sesuai dengan keahlian dalam dunia kerja yang berbasis teknologi.

Dengan adanya tren perkembangan teknologi informasi, SMKN 2 Adiwerna pada tahun 2005 membuka Kompetensi Keahlian TKJ, hal ini menjadikan SMK N2 Adiwerna menjadi salah satu pelopor dibukanya Kompetensi Keahlian TKJ di Kabupaten Tegal. Tahun 2017 TKJ SMKN 2 Adiwerna usianya menginjak tahun ke 12, ini menunjukan bahwa Kompetensi Keahlian TKJ SMK N 2 Adiwerna masih terus eksis dan dipercaya masyarakat. bukti lain adanya kepercayaan dari masayarakat yaitu dengan animo lulusan SMP yang ingin melanjutkan ke tingkat SMK pada Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMKN 2 Adiwerna sangat besar, sejak dibukanya Kompetensi Keahlian ini hingga sekarang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)  sealalu melebihi kuota yang diterima bahkan rasionya hampir 200%.  Sisi baik dengan besarnya animo pendaftar pada saat dibukanya PPDB, siswa-siswi yang masuk ke Kompetensi Keahlian TKJ ini berasal dari siswa-siswi lulusan SMP terbaik, tentu saja hal ini merupakan kebanggaan bagi SMKN2 Adiwerna khususnya  Kompetensi Keahlian TKJ,  sekaligus juga ini merupakan tantangan untuk memberikan pendidikan yang terbaik bagi siswa-siswi TKJ. Tahun pelajaran 2016/2017 Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan memiliki 96 siswa pertingkat, sehingga setiap tingkat baik kelas X, XI dan XII masing-masing memiliki 3 rombongan belajar.

Fasilitas yang dimiliki Kompetensi Keahlian TKJ SMK N2 Adiwerna terbilang sangat memadai, antara lain:

  1. 4 Laboratorium komputer full AC dengan spesifikasi komputer terbaru, lengkap dengan media pembelajaran di dalamnya yang biasa digunakan dalam praktek software maupun hardware.
  2. Laboratorium jaringan computer yang difungsikan sebagai mini ISP (internet Service Provider), yang sudah tersedia perangkat router dan server,  serta perangkat jaringan nirkabel dari berbagai vendor (Cisco, Dell, Mikrotik, Ubiquiti Networks , TP Link dll.

Dalam rangka untuk update kompetensi para siswa dibidang teknologi informasi terkini, fasilitas di TKJ SMK N2 Adiwerna telah dilengkapi dengan Tools instalasi jaringan berbasis Fiber Optik. Teknologi fiber optic juga sepenuhnya telah diterapkan pada backbone jaringan komputer di SMKN2 Adiwerna, ini juga menjadikan sebagai SMK pertama di Kabupaten Tegal yang telah siap dan mengadopsi teknologi jaringan Komputer berbasis fiber optic.  

Para siswa juga dimudahkan dalam mengakses informasi, hal ini ditunjukan dengan adanya  free akses internet (hotspot area) di beberapa titik strategis. Adanya kemudahan akses informasi bersifat global tentunya akan menjadi keuntungan bagi  para siswa, sehingga mereka bisa mengetahui informasi bahkan peluang-peluang yang bisa mereka dapatkan tidak hanya bersifat lokal bahkan global.

Pada bulan Maret 2005 sebelum SMK N 2 Adiwerna resmi membuka jurusan TKJ, telah ditetapkan menjadi Local Academy Cisco dengan Cisco Networking Academy Programs (CNAP) yang merupakan program belajar jaringan berstandar Internasional. Selanjutnya pada tahun 2007 ditetapkannya TKJ SMK N2 Adiwerna sebagai Tempat Uji Kompetensi (TUK) Telematika dengan nomor SKV-00117-LSPT-XII-2007/C08-0063 oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Telematika (LSPT) dibawah Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP)  dapat melaksanakan sertifikasi dibidang telematika (telekomunikasi dan informatika) baik jaringan, multimedia maupun pemrograman yang diakui secara Nasional. Kedua program diatas menjadi nilai tambah bagi siswa yang belajar di Kompetensi Keahlian TKJ SMKN2 Adiwerna. Selain kompetensi yang berupa teori dan praktek para siswa juga akan mendapatkan pengakuan dari industri dengan adanya sertifikat kompetensi  dari Telematika (level nasional) dan Cisco (level internasional) jika berhasil menyelesaikan ujian sesuai dengan ketentuan.

Tidak hanya dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai, update informasi dan kompetensi guru atau intruktur TKJ terus dilakukan dengan melakukan pelatihan atau workshop baik yang bersifat lokal maupun nasional, hal ini bertujuan agar para siswa memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan dunia industri sekarang.

Adanya fasilitas yang memadai dan didukung dengan staf pengajar yang kompeten, tentunya berimbas pada prestasi siswa. Dalam Lomba Kompetensi Siswa (LKS) dibidang IT Network System Administration, siswa TKJ SMK N2 Adiwerna sering menjadi Juara di tingkat kabupaten, bahkan juga menjadi juara di tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Selain dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi baik di instansi negeri atau swasta, para lulusan Kompetensi Keahlian TKJ juga dapat meniti karir di dunia kerja. TKJ juga  merupakan Kompetensi Keahlian yang sudah mendekati ilmu praktisi yang langsung dapat diimplementasikan dilingkungan dunia kerja professional. Peluang kerja dari para lulusan Kompetensi Keahlian TKJ sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI)  adalah :

A. Internet Service Provider / Perusahaan Jaringan Network Security 

B. Wireless Networking

C. Network Administrator

D. Computer Integrator

E. Voip Integrator

F. Linux Administrator

G. Integrator Jaringan

H. Merancang web database untuk content server

I. Web Administrator

Kompetensi Keahlian TKJ SMKN 2 Adiwerna sangat berkomitmen dan akan berusaha memberikan pendidikan terbaik serta seimbang bagi siswa-siswi TKJ, keseimbangan antara memberikan pengetahuan, keterampilan serta ahlak yang dilandasi oleh ketaqwaan kepada Tuhan Y.M.E. Sehingga setelah lulus nantinya diharapkan akan menjadi lulusan yang profesional yang mampu bersaing dalam dunia kerja serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

 Struktur Organisasi Kompetensi Keahlian Teknik Komputer Dan Jaringan

  1.  Kepala Sekolah
     Drs. A. R. Hartono, MM.Pd.
  2.  Ketua Kompetensi Keahlian 
     Sri Topo, S.Pd., M.Kom
  3.  Kepala Bengkel 
     Zaki Kamal, S.Kom
  4.  Sie Kurikulum
     Ni'mah Naafiatun Ulfah, S.Pd.
  5.  Sie Kesiswaan
     Catur Eko Waluyo, S.Pd.
  6.  Guru - guru
     - Khaeril Muttaqin, S.Kom
     - Iin Inayati, S.Pd.
     - Waskito, S.Kom
  7.  Toolman
     Akhmad Sugandi


 


    

Berita Lainnya

SMKN 2 Adiwerna Pertajam Kemitraan dengan Dunia Usaha

SMKN 2 Adiwerna Pertajam

TEGAL - SMKN 2 Adiwerna belum lama ini mengundang

Sekolah Harus Bisa Tanamkan NKRI GO

Sekolah Harus Bisa Tanamk

TEGAL - Memperingati hari Pahlawan dan hari