Multi Media

Multi Media

Secara sederhana Multimedia merupakan produk yang didalamnya terdiri atas teks, grafis, animasi, audio, video atau salah satu unsur terdapat didalamnya. Melalui proses pra produksi, proses produksi, dan pasca produksi / finishing sebuah produk multimedia tercipta. Secara singkat tahapan produk multimedia berawal dari sebuah ide dan konsep yang dituangkan dalam sebuah storyboard atau skenario, di kerjakan oleh orang orang yang kompeten dan terampil dengan perencanaan yang efektif dan efisien.

Setelah Melalui beberapa tahap yang cukup panjang maka lahirlah produk multimedia seperti film, foto, website, iklan, film animasi, dan beberapa produk desain grafis misalnya banner, cover, logo, packaging /kemasan, pamflet, undangan, poster, brosur dll. Produk produk tersebut sudah sangat familiar di masyarakat dan banyak dijumpai dilingkungan sekitar. Besarnya Kebutuhan masyarakat akan produk multimedia menjadi salah satu faktor akan terus berkembangnya industri kreatif di indonesia dan menjadi faktor antusiasme anak anak muda untuk terjun dan berkecimpung di bidang multimedia.

Dunia kerja multimedia tergolong pada industri kreatif yang banyak diminati kaum muda pada umunya. Hal tersebut beralasan karena faktanya orang orang yang bekerja di dunia kreatif didominasi oleh anak muda yang mempunyai kompetensi khusus pada bidang tertentu. dari banyaknya produk multimedia yang berkembang, maka muncul tenaga terampil baru di industri kreatif digital yang mendalami atau fokus pada produk tertentu seperti :

  1. Animator  : orang yang bekerja dibidang animasi / film kartun
  2. Fotografer : orang yang mendalami dunia fotografi
  3. Desainer / desain art  : orang yang bekerja dibidang desain grafis
  4. Web master : orang yang bekerja dibagian website
  5. Broadcaster : orang yang berkecimpung di bidang penyiaran/ broadcasting seperti di TV/radio Dan para pelaku film yang didalam prosesnya melibatkan banyak crew seperti sutradara, script writter/penulis cerita, director art, editor, kameramen, linghting, dll.

Kompetensi Keahlian Multimedia di SMK N 2 Adiwerna hadir untuk memberi tempat pada putra putri daerah khususnya di kabupaten tegal untuk belajar dan mendalami kemampuan bidang multimedia. Selain itu Kompetensi Keahlian multimedia juga memberikan pondasi dalam mengarungi era digital yang terus berkembang dan komplek. Dari tahun ke tahun Kompetensi Keahlian multimedia terus memperbaiki dan membenahi diri secara kuantitas dan kulitas agar terus update dan mencoba mengimbangi perkembangan teknologi informasi yang melaju sangat pesat. Dalam rangka mendukung proses kegiatan praktek Kompetensi Keahlian multimedia dilengkapi dengan peralatan standar industri seperti kamera HD, Handycam, kamera digital, komputer, lightbox, softbox, mixer audio, dan peralatan video audio. Secara fisik Kompetensi Keahlian multimedia mempunyai 4 laboratorium kompuer, 1 ruang unit produksi, dan 1 ruang komputer di gedung sedtved. Didalam ruang unit produksi terdapat studio foto dan studio film untuk praktek fotografi dan pembuatan film pendek. Di laboratorium komputer siswa belajar animasi 2 dimensi dan 3 dimensi, belajar editing audio dan video, belajar desain grafis, dan pengetahuan komputer pada umumnya.

Kompetensi Keahlian mulimedia di SMK N 2 adiwerna menjadi jembatan untuk anak muda yang minat menjadi tenaga terampil dibidang teknologi informasi. Pengetahuan akan multimedia dan proses pembuatan produk multimedia menjadi bagian dari proses belajar yang berkesinambungan. Selain pengetahuan yang didapat dari guru guru yang berkompeten dibidangnya, para siswa juga dilatih untuk mampu membuat produk multimedia yang mempunyai nilai jual. Peralatan praktek yang lengkap membuat siswa antusias untuk terus belajar kompetensi baru yang belum dikusai.

Kerjasama DUDI

  1. Gallery M2 Art
  2. Dialogue Studio
  3. Evi Studio
  4. Inframe 13
  5. RPF Studio

 Struktur Organisasi Kompetensi Keahlian Multimedia

  1.  Kepala Sekolah
     Drs. A. R. Hartono, MM.Pd.
  2.  Ketua Kompetensi Keahlian 
     Sukmono Aji H., S.Kom
  3.  Kepala Bengkel 
     Yugo Widyasmoro, S.Kom
  4.  Sie Kurikulum
     Miftachul Fauzi, S.Pd.
  5.  Sie Kesiswaan
     Ika Lutfiana, SST
  6.  Guru - guru
     - Joko Pramono, S.Pd., M.Ds.
     - Alfian Fauzi, SST
     - Hendro Susilo, IK, S.Pd.
  7.  Toolman
     Akhmad Zamroni

 

 

.

 

 

 

 

Berita Lainnya

Kunjungan BNN di SMK Negeri 2 Adiwerna

Kunjungan BNN di SMK Nege

Jum'at 26 Juli 2019 SMK Negeri 2 Adiwerna

Kegiatan Donor Darah di SMK Negeri 2 Adiwerna

Kegiatan Donor Darah di S

SMK N 2 ADIWERNA menggelar kegiatan Donor darah